0
Pergi ke tempat yang menyenangkan, jauh dari kebisingan kota, dan menikmati indahnya alam merupakan momen yang pasti anda dan keluarga nantikan. Kebahagiaan itu akan bertambah dengan hadirnya buah hati di tengah-tengah keluarga anda. Jika pantai merupakan tujuan wisata anda, mungkin anda sudah merencanakan perjalanan pertama dengan sang buah hati. Tapi tunggu dulu! Persiapan untuk bayi akan sangat berbeda dengan balita, bukan? Mungkin juga anda akan dihadapkan dengan buah hati yang ingin bermain air selama berjam-jam, atau dia tidak ingin berada di dekat pasir, sehingga tidak ada yang bisa anda lakukan selain menghiburnya. Untuk itu akan dibahas beberapa tips yang bisa anda lakukan ketika membawa bayi anda ke pantai:

1. Cari Tempat yang Aman

Bagi anda yang membawa bayi ke pantai, faktor lokasi akan sangat tergantung dengan usia bayi anda. Bagi balita akan sangat tepat untuk berada di tempat yang jauh dari air. Tapi jika anda memiliki bayi, pastikan bayi anda berada di lokasi yang lebih aman dan terhindar dari sorotan matahari. Karena pemilihan lokasi  yang salah akan menyebabkan ketidaknyamanan bagi bayi anda.

2. Perlengkapan yang diperlukan

a. Sunscreen

Penggunaan sunscreen bukan hanya diperuntukkan bagi orang dewasa saja, tapi juga bagi bayi anda. Bagi bayi di atas umur 6 bulan, mereka bisa menggunakan sunscreen yang sama dengan orang tua mereka. Akan tetapi bagi bayi yang berumur di bawah 6 bulan, mereka lebih baik berada di tempat yang jauh dari sorotan matahari atau anda bisa mencari suncream yang cocok dengan kulit bayi anda yang memiliki formula SPF 50+ dan digunakan setengah jam sebelum pergi ke pantai.

b. Topi

Topi akan sangat melindungi bayi anda dari sinar matahari. Pilihlah topi yang bisa menutupi kepala dan leher bayi anda, contohnya floppy hat. Topi ini akan memberikan perlindungan yang maksimal dari sinar UV.

c. Sepatu

Ketika berjalan-jalan di pinggir pantai anda akan menemukan kerang, kerikil dan kaca yang akan membahayakan kaki bayi anda. Meskipun pasir pantai bertekstur halus, tapi pasir pantai yang panas akan membakar kulit bayi anda. Maka, dengan memakaikannya, sepatu bayi anda akan terlindungi dari bahaya.

d. Kacamata

Sengatan sinar matahari tidak hanya melukai kulit tapi juga mata. Maka, bayi anda akan memerlukan kacamata yang bisa melindungi dari sinar UV. Selain itu, kacamata tersebut harus mempunyai lensa yang lebih lebar agar bisa melindungi lebih besar area mata bayi anda.

e. Pakaian

Bayi di bawah umur 6 bulan harus dipakaikan baju dengan bahan yang lebih lembut dan tidak banyak aksesoris yang akan menyebabkan bayi anda iritasi. Namun, anda bisa memakaikan pakaian renang yang pas bagi balita. Pakaian tersebut akan melindungi bayi anda dari radiasi sinar UV. Selain itu, pastikan juga buah hati anda memakai pakaian dengan warna yang terang, agar anda mudah mengenali mereka di antara balita lain yang sedang bermain.

f. Popok untuk berenang

Biasanya anda memakaikan popok yang sekali pakai pada buah hati anda. Popok ini akan membuat kulit buah hati anda iritasi. Tapi dengan perkembangan jaman, anda bisa mendapatkan popok yang bisa dipakai berulang kali karena terbuat dari kain yang tidak akan hancur jika terkena air, selain itu popok ini bisa dicuci dengan air panas.

g. Kolam renang buatan

Jika anda tidak ingin berulang kali menangkap bayi anda yang berlari ke pantai, anda bisa menggunakan kolam renang buatan yang terbuat dari plastik. Kolam renang ini akan sangat aman bagi bayi anda. Selain itu, anda hanya perlu menancapkan payung di samping kolam renang agar bayi anda terlindungi dari sinar UV.

h. Mainan

Anda pasti akan mendapatkan buah hati anda bosan jika tidak diberikan mainan. Maka cukup memberikan mainan dengan beraneka bentuk agar buah hati anda bisa membentuk pasir sesuka hati.

3. Jaga Kesehatan Bayi Anda

Untuk menjaga bayi anda agar tetap sehat, anda harus menjaga bayi dari dehidrasi dengan membawa beberapa botol minuman. Namun, jika anda memiliki bayi di bawah umur 6 bulan, anda harus memberi susu formula dan tetap menjaganya dari dehidrasi.

Selain itu, jika bayi anda senang bermain pasir cara terbaik untuk membersihkan pasir dari tubuhnya adalah dengan menggunakan bedak bayi. Bedak bayi akan menghilangkan pasir yang menempel di kulit bayi anda tanpa melukainya.

Post a Comment

 
Top