0
Warga saat memilih aneka kue  yang dijajakan di pasar kuliner musiman di kawasan Pasar Benhil, Jakarta (10/7).  TEMPO/Eko Siswono Toyudho
Perayaan seabad Kota Malang disemarakkan dengan aneka kreasi dan hiburan. Puncak perayaan berupa pesta rakyat yang dilaksanakan mulai Ahad, 27 April 2104 itu diisi pesta jajanan dan kuliner khas Malang hingga hiburan yang mendatangkan artis ibu kota. 

"Ada kuliner Malang Tempo dulu," kata panitia pesta rakyat, Handi Prayitno, Sabtu 26 April 2014. Aneka jenis kuliner jaman dulu yang mulai sulit ditemukan. Jajanan dan kuliner khas Malang ini akan dijajakan sepanjang Jalan Gajah Mada mulai pukul 07.00-11.00 WIB.

Masyarakat juga diajak untuk mengenal cara mengolah tempe dan keripik tempe yang jadi kudapan khas Malang. Seluruh kegiatan, katanya, dipusatkan di pusat Kota sekitar Balai Kota Malang. Jalur utama di pusat Kota Malang ditutup untuk mendirikan tenda dan gerai kegiatan tersebut.

Dinas Perhubungan Kota Malang dan satuan lalu lintas Kepolisian Resor Kota Malang mengatur dan melakukan rekayasa lalu lintas mencegah kemacetan. Jalan yang ditutup meliputi Jalan Kertanegara, dan sekitar Alun-alun Tugu Kota Malang. Sedangkan malamnya digelar pertunjukan musik di depan Balai Kota Malang.

Grup band ibu kota, Andra And The Backbone dan Shaggy Dog bakal menghibur warga Malang. Selain itu, pesta rakyat dimeriahkan dengan pesta kembang api selama 30 menit non stop. "Mohon maaf jika kegiatan ini menganggu perjalanan warga Malang," katanya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Malang, Wahyu Setianto menyatakan sejumlah titik akan dibuka tutup. Untuk itu, warga dihimbau menghindari daerah sekitar lokasi kegiatan. Serta mencari jalur alternatif untuk mengurai arus lalu lintas. "Lalu lintas jangan sampai menumpuk di sekitar Balaikota," katanya. 

Post a Comment

 
Top