0
Apabila Anda adalah salah satu penggemar wisata yang bernuansa alam maupun budaya, jangan hanya datang dan sekedar memandang penuh kagum. Tetapi abadikan dengan kamera Anda. Senantiasa kenangan akan keindahan tersebut akan selalu bisa Anda pandang sepanjang waktu.

Di Pulau Jawa, ada 5 tempat dengan pemandangan cantik, yang menjadi surga para pecinta fotografi.

1. Gunung Bromo, Jatim
Destinasi pertama yang menyuguhkan pemandangan indah dan bagus untuk diabadikan lewat lensa kamera adalah Gunung Bromo di Jawa Timur. Hampir seluruh wilayah Bromo cantik dipandang, mulai dari pagi hingga sore.

www.belantaraindonesia.org

Ya, Gunung Bromo adalah salah satu primadona wisata di Jawa Timur. Gunung yang berada dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ( TNBTS ) ini, sukses menarik perhatian banyak turis dalam dan luar negeri lewat sensasi melihat Matahari terbit.

Bayangkan betapa cantiknya Matahari yang baru keluar dari peraduan berlatar pegunungan. Kehadirannya semakin cantik ketika dikelilingi dengan awan putih tipis. Sempurna!

Tak berhenti sampai di situ, Bromo masih punya tempat lain yang tak kalah bagus untuk diabadikan lewat lensa kamera. Tempat itu kaki gunung.

Di sana, Anda bisa melihat kawah Gunung Bromo yang mengeluarkan asap. Anda juga dapat melayangkan pandangan ke bawah, dan terlihatlah lautan pasir dengan Pura di tengah - tengahnya. Benar - benar pemandangan yang luar biasa yang sayang jika dilewatkan dari jepretan kamera.

2. Taman Nasional Baluran, Jawa Timur 
Tempat kedua yang menjadi surga fotografi di Pulau Jawa adalah Taman Nasional Baluran, Jawa Timur. Banyak yang bilang ini adalah Afrika di Tanah Jawa atau Africa Van Java

Jelas saja, Taman Nasional Baluran diisi oleh savana hijau, lengkap dengan hewan yang asyik bermain. Bisa dibilang, tempat ini adalah objek wisata alam yang lengkap, ada hutan, laut, gunung, dan savana.

www.belantaraindonesia.org

Tempat terbaik untuk mengambil gambar tentulah padang rumput hijau dan Hutan Baluran. Hutan di sana dikenal sebagai evergreen forest atau hutan yang tak pernah kering sepanjang tahun.

Jeprat! Jepret! Inilah lokasi yang paling diburu para ahli fotografi. Jika berani, Anda bisa masuk lebih dalam ke hutan. Di sana, ada banyak hewan liar yang menghuni hutan di Baluran.

Beberapa di antara hewan yang bisa dilihat adalah monyet, rusa, dan jika beruntung Anda bisa melihat harimau. Tapi hewan yang paling banyak adalah burung. Berbagai jenis burung dengan aneka warna bulu cantik menghiasi alam Baluran. Sayang sekali jika dilewatkan begitu saja.

3. Kawah Putih, Jawa Barat
Jawa Barat punya Kawah Putih di Ciwidey, Bandung yang jadi surganya para penggila fotografi. Berbalut kabut, udara dingin dan pepohonan hijau menjadikan Kawah Putih sangat cantik untuk diabadikan lewat lensa kamera.

www.belantaraindonesia.org

Datang ke sana, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan layaknya di luar negeri. Air kawah yang berwarna hijau toska akan menambah cantik foto Anda.

Tak puas hanya memotret kawah, layangkan pandangan Anda ke sekitar. Ada banyak pepohonan tak berdaun menjadi pagar alam kawah. Meski begitu, inilah yang membuat Kawah Putih semakin cantik.

Banyak orang yang bilang, datang ke Kawah Putih serasa berada di luar negeri. Apalagi jika datang saat kabut menyelimuti kawasan. Udara dingin dan kabut membuat suasana serasa di luar negeri semakin kuat.

Inilah saat terbaik untuk mengabadikan momen lewat lensa kamera. Kapan lagi Anda bisa menemukan suasana sebuah kawah dengan warna air hijau toska, berpadu kabut putih yang cantik. Sempurna!

4. Kota Tua, Jakarta
Kalau Jawa Barat punya Kawah Putih, Jakarta punya kawasan Kota Tua di Jakarta Pusat. Sudah lama tempat ini dikenal sebagai lokasi berburu para fotografer. Tak hanya fotografer profesional tetapi juga fotografer pemula.

www.belantaraindonesia.org

Ada banyak objek wisata yang bisa Anda potret. Salah satu yang paling disenangi adalah Toko Merah. Toko Merah adalah salah satu bangunan tua yang ada di Jakarta. Yang membuat Toko Merah menarik untuk dipotret adalah bangunan yang tak pernah diubah.

Masih di Kota Tua. Anda bisa mengarahkan lensa kamera ke lapangan besar yang berada tepat di depan Museum Fatahillah. Jika datang saat hari libur, Anda akan menemukan banyak orang memadati kawasan ini. Ada yang duduk - duduk atau pun bersepeda.

Untuk yang terakhir, biasanya wisatawan macam ini akan menyewa sepeda ontel di Kota Tua. Dengan asyiknya, mereka akan berkeliling Kota Tua lengkap dengan topi lebar ala noni Belanda, yang sengaja disediakan penyewa.

Momen seperti ini sangat sayang jika dilewatkan. Sambil memotret aneka bangunan tua di sana, Anda juga bisa memotret para pengunjung Kota Tua, termasuk mereka yang berkeliling dengan sepeda tua ini.

5. Tamansari, Yogyakarta
Surga fotografi lain yang ada di Pulau Jawa adalah Tamansari di Yogyakarta. Bangunan bersejarah di kompleks Kasultanan Ngayogyakarta ini punya arsitektur yang menawan. Oleh karena itu, tempat ini jadi salah satu destinasi wajib traveler pecinta fotografi.

www.belantaraindonesia.org

Arsitektur bangunan Taman Sari adalah perpaduan dari gaya Eropa dan Jawa. Inilah salah satu daya tarik tersendiri bagi para pemburu foto.

Masuk ke dalam Taman Sari, Anda akan dihadapkan dengan kolam besar. Dulunya, kolam ini merupakan pemandian selir - selir Sultan.

Kolam pemandian inilah objek foto yang menarik. Kolamnya yang luas, tembok - tembok yang besar dan cahaya Matahari yang pas, akan memanjakan para fotografer.

Tidak jauh dari kolam, di kanan dan kirinya terdapat berbagai macam ruangan, yaitu kamar Sultan hingga bekas dapur. Tak jauh berbeda dengan kolam, lokasi ini juga salah satu tempat favorit fotografer berkumpul.

Post a Comment

 
Top