0
Moskow - Karena sejarahnya, kemegahannya atau kecantikannya, beberapa sungai sangat terkenal di dunia. Berikut 7 sungai di dunia yang paling dikenal wisatawan.

Ditengok dari CNN Travel, Kamis (24/4/2014) inilah 7 sungai dunia yang paling dikenal wisatawan:



1. Sungai Nil, Afrika

Siapa yang tidak kenal dengan Sungai Nil yang membentang di Afrika. Kebanyakan traveler yang ingin menengok sungai terpanjang di dunia ini akan melancong ke Mesir. Benar adanya, Sungai yang sepanjang 6.853 km ini melewati Mesir menawarkan suasana dan pemandangan yang memang menggoda.

Sungai Nil memiliki banyak latar belakang di Mesir. Mulai dari piramida hingga Luxor. Bisa dibilang, Sungai Nil hampir selalu ada di bagian situs sejarah kuno Mesir. Salah satu cara terbaik menikmati keindahan sungai ini adalah menelusurinya dengan kapal pesiar.



2. Sungai Volga, Rusia

Ada pepatah mengatakan, jika ingin mengetahui Rusia, ketahui dahulu Sungai Volga. Sungai yang diberi julukan "Mother Volga" ini melewati 11 kota terbesar di Rusia. Tak heran kan kenapa sungai ini menjadi salah satu destinasi penting di dunia pesiar?

Kebanyakan paket memulai tur dari utara Moskow sebelum berlayar ke St Petersburg. Selama perjalanan, pesiar ini juga akan melewati banyak jalur air yang berhubungan dengan kota-kota menarik. Sehingga, mereka bisa melihat betapa bersejarahnya Benteng Kremlin dan kubahnya yang warna-warni seperti permen.




3. Loire, Prancis

Menjadi sungai terpanjang di Prancis, rasanya tidak mungkin jika tak menengok Sungai Loire saat liburan ke sana. Sungai dengan panjang 1.012 km ini melewati banyak objek wisata menarik seperti istana atau kastil.

Ada beberapa cara asyik menyusuri sungai sambil menikmati pemandangan di sekelilingnya. Bisa dengan menggunakan mobil, atau yang lebih seru, dengan sepeda. Jangan kuatir, karena ada jalur sepeda yang mulus di sepanjang tepian sungainya.




4. Sungai Colorado, AS & Meksiko

Bisa dibilang, inilah sungai yang cocok untuk semua jenis traveler. Sungai ini melewati hampir semua jenis objek wisata. Pecinta gunung? Sungai ini melewati Rocky Mountains. Suka dengan air? Sungai ini juga melewati aneka danau seperti Danau Mead di Nevada, dan Danau Havasu di perbatasan California dan Arizona.

Satu lagi yang tidak terlewatkan adalah, sungai sepanjang 2.330 km ini juga melewati Grand Canyon. Bahkan, bisa dibilang, sungai ini masuk dalam salah satu pemandangan terbaik di sana. Beragam kegiatan yang bisa dilakukan antara lain rafting, naik kayak atau telusur sungai dengan ban.




5. Sungai Gangga, India & Bangladesh

Mendengar kata India, maka Sungai Gangga yang selanjutnya diingat. Inilah sungai suci di India, sekaligus salah satu yang paling terkenal di dunia. Gangga juga menjadi sungai dengan populasi yang paling padat di dunia. Mungkin tidak bersih dan menarik dipandang mata, namun ada sejarah di baliknya.

Banyak sekali orang India yang mandi di sini. Bukan untuk sekadar membersihkan tubuh, tapi juga ke pembersihan jiwa sekaligus ritual agama. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa menikmati air dari Sungai Gangga. Jika ingin berenang dan bermain air, pilihlah kawasan di hulu sungai, tepatnya di dekat Himalaya.




6. Sungai Irrawaddy, Myanmar

Salah satu sungai yang terkenal di kawasan Thailand, Myanmar dan Laos adalah Sungai Mekong. Nah, selain itu, ada Sungai Irrawaddy yang menawarkan sisi misterius yang tak kalah eksotis. Hampir mirip dengan negaranya yang masih misterius, sungai ini juga menawarkan pengalaman yang tidak biasa.

Beberapa paket tur pesiar menawarkan menyusuri sungai sambil melihat kehidupan yang hadir di sepanjang tepiannya. Di sana, ada kuil-kuil kuno, desa-desa terpencil, situs Buddha yang penting, serta banyak eksotisme yang lainnya.




7. Sungai Lijiang, China

China boleh terkenal dengan Sungai Yangtze, tapi tak ada yang bisa melewatkan Sungai Lijiang. Pemandangan di sepanjang sungai ini akan membuat Anda lupa menarik nafas.

Bebatuan karst yang terbentuk sungguh indah, mirip dengan bebatuan di Ha Long Bay. Turis yang penasaran dengan keindahannya pun bisa menengoknya dengan ikut paket tur perahu. Ada pula yang ingin lebih tradisional dengan menggunakan perahu bambu.

Post a Comment

 
Top