0
Berangkat dari desa Sembalun 1.150 di atas permukaan laut yang merupakan salah satu gerbang favorit untuk mencapai puncak. Gunung Rinjani merupakan salah satu gunung yang ditulis dalam Majalah Tempo Edisi khusus Wisata Pilihan. Tempo/Rully Kesuma
Travelling sendirian tidak harus kesepian. Bahkan, bepergian sorangan bisa menjadi indah, membebaskan pengalaman, serta menjadi perjalanan menuju penemuan diri. Melakukan perjalanan solo lebih nyaman karena kita tidak dipaksa untuk beradaptasi dengan teman satu perjalanan.

Perjalanan solo ini tidak hanya berarti pergi sendirian ke tempat baru, tapi sebuah petualangan ke dalam hati dan jiwa. Setelah Anda pulang, Anda punya kesempatan berbagi pengalaman dengan orang lain dan juga menjadi pribadi yang lebih memahami sesama.

Berikut adalah enam kunci untuk membuat perjalanan solo Anda menakjubkan dan mantap.

1. Jadilah pemberani. Buatlah komitmen untuk pergi sendiri.
Langkah pertama yang paling sulit adalah membuat komitmen untuk melakukan perjalanan sendirian. Apa pun yang Anda putuskan, langkah pertama Anda itu merupakan bukti keberanian Anda untuk diri sendiri.

2. Setia pada keinginan dan kebutuhan.
Untuk benar-benar mendapat kehidupan yang berharga, Anda perlu jujur bertanya kepada diri sendiri soal apa yang Anda inginkan. Perjalanan ini adalah tentang Anda, dari Anda, dan untuk Anda sehingga Anda bisa memiliki kesempatan untuk egois. Ada dua hal yang sering Anda abaikan. Apakah harapan Anda untuk perjalanan ini dan apa jenis pengalaman apa yang akan memenuhi kebutuhan Anda? Anda dapat berfokus untuk mencari lokasi atau kegiatan yang cocok. Empat hal yang bisa Anda jadikan pertimbagan untuk memutuskan lokasi travelling Anda: budaya, aktivitas, cuaca, dan harapan sosial.

3. Jadilah bijaksana. Persiapkan dengan matang sebelum melakukan perjalanan solo.
Ada tempat yang penuh dengan kejahatan serta kota-kota yang tidak aman. Jadi, sebelum pergi, Anda perlu memeriksa website CIA, membaca ulasan, dan bertanya kepada teman-teman serta melakukan riset di Internet.

4. Anda harus membawa barang yang benar-benar diperlukan.
Ketika memutuskan pergi sendiri, Anda harus memilah barang yang benar-benar diperlukan. Tiga hal yang paling mempengaruhi adalah ketakutan, kemalasan, dan kesombongan. Ketiganya bisa membuat kita kesusahan ketika melakukan perjalanan solo.

5.Tetap cantik dalam perjalanan.
Tidak perlu dandanan berlebihan ketika melakukan perjalanan solo. Namun, tampil cantik itu perlu di sela-sela perjalanan. Sedikit memakai blush, memperbaiki rambut, berdandan, dan jadilah orang yang luar biasa. Teruslah tersenyum!

6. Jadilah dermawan.
Menjadi dermawan bisa dalam berbagai bentuk. Seperti memberikan pujian, menawarkan bantuan, atau berbagi informasi. Atau, tersenyum kepada sopir taksi dan berterima kasih kepadanya. Bisa juga dengan membantu seorang wanita tua yang kesusahan dengan kopernya. 

Post a Comment

 
Top