0
Semua orang pasti menyukai hari libur. Umumnya, mereka akan melakukan berbagai kegiatan relaksasi untuk mengistirahatkan otak dari segala kesibukan sehari-hari. Salah satu relaksasi terfavorit adalah dengan melakukan perjalanan wisata ke suatu tempat yang menarik dan menyenangkan. Hal ini karena jalan-jalan merupakan relaksasi yang dapat dilakukan secara bersama-sama dengan anggota keluarga atau teman-teman anda. Namun, anda tentunya tidak ingin liburan anda tidak sesuai seperti yang anda bayangkan kan? Untuk itu, perlu adanya persiapan sebelum jalan-jalan saat liburan.

Jalan jalan
jalan jalan liburan
Yang pertama adalah adanya perencanaan jauh-jauh hari sebelum liburan itu dimulai. Seperti, menentukan tempat, mencari informasi terkait transportasi, rute, biaya berwisata ke tempat itu, penginapan, dan sebagainya. Hal ini penting, agar jalan-jalan saat liburan anda terkonsep dengan baik sehingga tidak membuat anda repot di detik-detik akhir menjelang perjalanan wisata anda. Setelah semua informasi yang anda butuhkan terkumpul, mulailah menentukan pilihan dan segeralah booking segala sesuatunya. Membooking semua keperluan untuk liburan tidak akan membuat anda rugi, dan malah menguntungkan. Hal ini karena semua hal yang berhubungan dengan perjalanan wisata akan menjadi mahal saat menjelang liburan. Bahkan tiket transportasi pun harganya akan naik. Anda tak perlu khawatir akan dirugikan jika terjadi perubahan perencanaan anda setelah membooking banyak hal, karena anda bisa melakukan lelang untuk mendapatkan uang anda kembali.

Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan berbagai barang yang sekiranya akan anda butuhkan saat melakukan perjalanan wisata. Ingat, bawalah barang-barang yang secukupnya saja sesuai kebutuhan, agar tidak memberatkan anda nantinya. Jangan lupa juga untuk selalu membawa perlengkapan P3K pribadi jika anda memiliki riwayat penyakit khusus. Kemudian, beristirahatlah secara cukup dan jagalah kesehatan anda baik-baik saat menjelang hari H perjalanan wisata anda.

jalan jalan
Tips jalan-jalan
Jika anda memilih untuk berwisata menggunakan kendaraan pribadi, lakukan pengecekan atau service kendaraan anda terlebih dulu di bengkel-bengkel terpercaya. Hal ini sangat krusial mengingat keselamatan anda ditentukan juga oleh kendaraan yang anda tumpangi. Kemudian cek dan lengkapilah dokumen-dokumen yang sekiranya anda anggap penting untuk menunjang kenyamanan jalan-jalan saat liburan, seperti surat izin mengemudi, STNK, KTP, dll. Jika anda sedang berlibur bersama istri anda dan memilih untuk menginap di hotel, terkadang anda diharuskan untuk menunjukkan surat nikah. Maka untuk berjaga-jaga  jangan lupa untuk membawanya juga. Selanjutnya, bawalah dana cash yang secukupnya. Jangan terlalu banyak, karena kemungkinan terjadinya pencopetan pasti ada. Namun jangan terlalu sedikit atau pas juga, karena bisa saja dalam perjalanan anda ada pengeluaran penting diluar rencana anda yang harus anda bayarkan. Langkah terakhir yang bisa anda usahakan adalah berdo’alah setiap saat agar perjalanan anda mendapatkan berkah dan bisa selamat sampai tujuan hingga pulang kembali dengan lindungan-Nya.

Post a Comment

 
Top