Jawa Timur, khususnya Kota Malang menjadi salah satu tujuang trip kali ini. Berawal dari baca catper dan blog orang, gw akhirnya penasaran sama kota ini. Ada apa aja sih? Kok kayanya iklim kotanya enak buat dipake jalan-jalan. Gw dan beberapa temen akhirnya menyusun jadwal supaya bisa maen ke Jawa Timur, pengen menikmati wisata alam yang ketje lengkap dengan udara yang seger kek di kulkas.

Tanggal Jumat 2 November 2013 gw sama beberapa temen backpacker Semarang akhirnya nyusun itin buat ngetrip ke Jawa Timur. Pilihannya jatoh buat city trip ke Surabaya, get lost di Malang trus dilanjut dingin-dinginan di Bromo. Sayang gw masih ada kerjaan yang harus diselesein, sampe akhirnya gw sekip hari pertama dan baru bisa gabung buat get lost di Malang.

Sebenernya pengen ikut city trip ke Surabaya, khususnya dateng ke Museum Sampoerna, tapi gapapa lah yang penting masih bisa jalan-jalan. Sabtu, 3 November 2013 gw sama Nisa naik kereta malam ke Malang (dan ternyata bunyi keretanya gak jugijak ijuk juga ya). Kita sampai di Stasiun Kota jam 6 pagi. Sampai di sana kita kebingungan buat mandi, toilet di stasiun penuh sama lautan manusia.

Buat yang mau mandi, pipis atau jongkok bebas, gw saranin sih ke tempat mandi yang ada di deket ATM BNI (dari pintu keluar stasiun ke sebelah kanan). Sebelum cabut kita ketemu sama Mas Agus, sopir yang nanti mobilnya bakal kita sewa buat ke Bromo. Kelar janjian buat deal-dealan mau dijemput dimana, gw sama Nisa langsung cari makan di sekitar stasiun. Udah laper banget euy.

Di depan stasiun kita nemu tempat makan, yang jualan pake gerobak dorong gitu. Menunya ada Rawon sama aduh-gw-lupa-namanya (mirip rendang tapi lebih kental). Rasanya? Enak lah. Ada sih beberapa kuliner yang pengen gw coba kaya Nasi Buk, Rawon Tessy atau Bakso Presiden, mungkin next time, udah diburu waktu om.

Kata mbahnya "tinggal leppp"
Ada yang tau ini namanya apa?

Rencana awal di Malang kita bakal get lost, yah gak get lost get lost banget sih. Setelah sebelumnya nyari referensi tempat wisata yang okeh, pilihan kita jatuh ke Jatim Park 2. Pertimbangannya, tempatnya cukup mudah dicapai dari stasiun (wisata alam Malang lainnya jauh-jauh euy, gak cukup kalo dipake flashpacker). Dari stasiun kota kita naik angkot jurusan Terminal Batu, berbekal nanya sama orang tepat jam 8 pagi kita udah cabut dari stasiun
Sepanjang jalan gw bisa bilang Malang kotanya asik buat dipake walking-walking. Udaranya sejuk dan gw gak kena macet. Yang gw perhatiin masyarakat sini bener-bener Aremania sejati. Dimana-mana ada tulisan dan hiasan khas Ongis Nade. Gw masih inget, waktu turun dari Semeru kebetulan lagi bareng sama kemenangan Arema atas Piala Menpora, dan malem itu warung nasgor tempat gw makan pecah banget sama sorak sorai Aremania, respect!

Rute dan jalan yang gw laluin kalo di Semarang mirip jalan di daerah Mentri Supeno, Sompok dan Lamper, adem-adem gimana gitu. Gak berapa lama kita sampai di Terminal Batu, dari sini kita harus oper lagi satu angkot buat sampe ke Jatim Park 2 (kalo gak salah warna angkotnya ungu).

Fyi, angkot yang bakal kita tumpangin gak langsung sampe di depan gerbang Jatim Park 2. Untuk mencapai ke sana kita harus jalan beberapa kilo lagi. Mungkn karena penumpang lagi sepi ni sopir angkot mau nganterin kita berdua sampe pertigaan Jatim Park 1 dan Jatim Park 2. Sampai di sini kita lanjutin lagi pake jalan kaki.

Jalan kaki beh?

Ga usah sedih, apalah arti menjadi backpacker kalo gak bisa ngeteng. Waktu lagi jalan gw menggunakan kekuatan jempol untuk memberhentikan sebuah mobil, uhuyy dan kita berhasil di mobil pertama! (yah, ini karena ada faktor Nisa sih sebenernya. Catetan aja, ngeteng akan berasa lebih mudah kalo kita bareng sama cewe.

Yang gak disangka, mobil yang kita tumpangi adalah mobil yang membawa sayur dan buah-buahan untuk makan hewan-hewan di Jatimp Park 2. Gw liat di jok belakang ada tomat, wortel, kol dan sayuran segar lainnya. Begitu tahu bahwa kita juga mau ke Bromo, Mas-Mas sopir mobil ini juga nawarin kita berdua buat nginep di rumahnya (doi mikir gw sama Nisa adalah pasangan suami istri wkwkw).  Gak cuma itu, dia juga mau nyelundupin kita masuk ke Jatim Park 2 via pintu belakang tapi akhirnya gak jadi, takut ketauan hihi.

Setelah mengucap terimakasih, gw sama Nisa langsung melipir ke Jatim Park 2. Fyi, Jatim Park 2 ini gedenya kebangetan banget. Kalo mau ngabisin satu hari full juga gak bakal selese-selese. Kita ngambil paket 3 (Batu Secret Zoo, Museum Satwa + Eco Green Park) dengan ngebayar sebesar 80.000  koin, itungannya jadi lebih hemat.

Karena kepagian tujuan kita pertama ke Eco Green Park dulu. Waktu masuk ke sini kita langsung disambut miniatur alam yang gw gak tau ini maksudnya apa, ada kolam angsa, ada candi, ada replika tanah longsor (yang ini masuk akal sih) berpadu nggak matching sama kuning-kuning nyelip. Gw kira apaan ternyata bumblebee, wkwkw ngapain tu robot nyelip di sana.

Eco Green Park itu luas, buat kamu yang gak mau repot jalan disediain juga sepeda listrik buat muter-muter, cuman gak gratis aja bro. Habis ngelewatin miniatur “alam” kita ngeliat instalasi yang terbuat dari barang bekas, kreatif nih  yang bikin.

Lanjut jalan kita kemudian masuk ke area ruang pameran serangga bernama BAMBU PLAZA, semacam insectarium gitu. Tempatnya ber AC jadi cukup nyaman buat pengunjung. Bentuk tempatnya unik, atapnya dibuat dari anyaman bambu mirip sarang burun. Di sini kita bisa ngeliat berbagai jenis serangga mulai dari kupu-kupu sampai tarantula, baik yang diawetin sampai yang masih hidup dan menggelinjang, iyuuuh.

Habis dari insectarium kita masuk ke area burung-burung besar a.k.a burung yang gak bisa terbang. Ada banyak banget jenis burung yang gw gak pernah liat sebelumnya, kebanyakan sih dateng dari Australia dan Asia. Bahkan gw gak yakin hewan-hewan gede yang gw liat ni jenis burung. Ukurannya bener-bener gede bingits (dan gw make kata bingits) Hahah syit.

Foto di atas Cuma sebagian burung yang gw sempet foto. Yang laen masih buanyak lagi. Setelah puas ngeliat macem-macem burung kita masuk ke area instalasi air bernama PLAZA MUSIK.  Eco Green Park ini emang dibuat khusus buat anak-anak jadi gak heran kalo wahana yang ada di sana kebanyakan mengedukasi. Siang itu kebetulan juga lagi rame sama rombongan anak sekolahan yang lagi karyawisata, ramenya keji banget gak bisa maen aer.

Selain instalasi air ada tempat seru lain kaya laboratorium pengolahan susu, miniatur pengolahan padi, area mengolah sampah, penyaringan air, pemanfaatan kompos, kebun strawberry, carnivora garden sampai proses pembuatan jamur. Beneran, Echo Green Park ini luas dan harus dinikmati selama seharian penuh.

Salah satu area yang gw suka adalah area WORLD OF PARROT,. Mulai dari jenis nuri sampai kakatua semuanya ada. Jenisnya ada macem-macem, kebanyakan sih dari Amerika dan Afrika. Selain parrot juga ada burung jenis lain kaya black swan, burung hantu, burung merak, elang sampai burung yang gak bisa kesebut namanya.

Ada burung yang dikandangin ada juga yang dilepas bebas hingga kita bisa megang dengan aman. Dunia burung? KOMPLIT! Oh iya, yang mau foto sama burungnya ga usha khawatir, ada stand buat putu putu narchiezt kug #alay #cabedanterong

Karena dibuat untuk wisata anak-anak di Echo Green Park juga ada wahana permainann kaya anggry bird, rumah terbalik, labirin sampe sepeda air. Ada apa lagi ya? Saking banyaknya gw sampe gak inget. Yang jelas tiap area burung di sini dibuatin kandang dan miniatur yang berperikehewanan, kondisinya terawat dan layak untuk dihuni.

Yang paling seru di bagian akhir Eco Green Park ada banyak wahana edukasi yang bisa gratis di cobain (kecuali makan, yang ada di Eco Green Park gratis) kaya simulasi gempa, panggung budaya sampai panggung hologram. Yang capek jalan-jalan, ga usha kawatir di sini juga ada restonya, meskipun itungannya mahal, dan rasanya gak begitu enak. Trus di deket resto juga ada area refleksi ikan, itu yang kakibnya dicelupin trusa digigitin ikan-ikan kecil. Geli euy.

Finally kelar juga jalan-jalan di Eco Green Park. Sekali lagi tempatnya gede banget, gw baru kelar di pintu keluar hampir jam satu siang, itu aja udah sekip banyak wahana. Gak rugi kalo mau jalan jalan bareng sama anak-anak dan keluarga. Tips kalo mau ke sini bawa topi, apalagi kalo siang hari. Gw sama nisa salah sih, harunya ke Batu Secret Zoo dulu sama ke Museum Satwa, sorenya baru ke Eco Green Park.

Yang gw sayangin dari trip Jawa Timur cuman satu sih, kondisi gw lagi gak fit. Mulai kerasanya waktu mau berangkat, badan udah meriang dikit. Berhubung tiket udah ditangan gw maksain buat berangkat. Ntar di part selanjutnya akan gw ceritain gimana empetnya ngetrip kalo lagi sakit, nyesek banget.