0
Bus tingkat wisata di hari pertama beroperasi melintasi kawasan Pasar Baru,  Jakarta, Senin (24/2). TEMPO/Dian Triyuli Handoko
Dinas Pariwisata Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meresmikan bus tingkat wisata gratis pada Senin 24 Februari 2014. Bus yang beroperasi pada pukul 09.00 hingga 19.00 setiap harinya itu akan berkeliling melalui rute wisata ibu kota mulai dari Pasar Baru hingga Bundaran Hotel Indonesia. 

Bus tingkat wisata dioperasikan, menurut Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, dengan harapan bisa meningkatkan jumlah turis domestik dan mancanegara yang berkunjung ke Jakarta. 

Wisata keliling kota semacam ini tidak asing di sejumlah negara. Banyak kota besar negara lain bahkan telah memiliki jalur khusus wisata keliling kota dengan fasilitas terbaik. Berikut daftar 10 kota dengan bus wisata terbaik versi situs dailymail.co.uk:

1. Buenos Aires, Argentina
Di kota ini, wisatawan bisa berkeliling kota dan mengunjungi berbagai atraksi wisata dan situs bersejarah di ibu kota negeri Maradona itu. Terdapat sebuah bus berkapasitas 152 orang, dengan harga tiket kurang dari 50 sen. Perjalanan bus wisata ini dimulai dari distrik La Boca yang menyuguhkan atraksi wsata berupa budaya lokal seperti tarian Tango, lalu menuju kawasan pertokoan antik dan kafe-kafe jaman baheula di wilayah San Telmo. Bus kemudian membawa wisatawan menuju Casa Rosada, istana kepresidenan Argentina, tempat mendiang presiden Evita Peron berpidato. Setelah itu, bus berjalan menuju Plaza de Mayo, pusat kota Buenos Aires.

2. London, Inggris
Sejak lama kota ini terkenal dengan bus tingkat berwarna merah yang bernama Double Decker. Di sini bus-bus itu ada yang digunakan untuk membawa turis berkeliling menjelajah penjuru kota London. Rute bus wisata ini dimulai dari wilayah Hammersmith menuju Waterloo. Di sepanjang perjalanan bus akan melewati Stadion Stamford Bridge, markas klub sepak bola Chelsea FC. 

Lalu bus berjalan menuju pusat belanja busana di Kings Road. Tidak lupa, bus ini akan membawa para pelancong menikmati bangunan terkenal di London seperti Westminster Abbey, dan Gedung Parlemen Inggris lokasi jam raksasa Big Ben. Bus juga akan melintasi jembatan Westminster, dan pemandangan indah Sungai Thames bisa dinikmati para penumpangnya. Untuk menikmati tur ini, wisatawan harus membayar ongkos 2 Poundsterling.

3.New York, Amerika Serikat
Menjelajahi New York menggunakan bus wisata akan menghadirkan sensasi seperti dalam sebuah set film. Kehidupan kota yang serba sibuk sekaligus glamor itu bisa dinikmati para wisatawan menggunakan bus khusus untuk turis dengan ongkos sebesar AS $5. Rute bus ini dimulai dari Central Park menuju Times Square. 

Sepanjang perjalanan, penumpang akan melewati aneka landmark kota yang dijuliki Big Apple itu, seperti Gedung Empire State, Greenwich Village, Broadway, Balai kota New York, Wall Street, lokasi ground zero gedung World Trade Center, Herald Square, perpusatakaan umum New York, Rockefeller Center dan berbalik kembali ke Central Park.

4. Edinburgh, Skotlandia
Ibu kota Skotlandia ini menawarkan paket wisata keliling kota menggunakan bus yang melewati berbagai lokasi bersejarah di Edinburgh. Bus melintasi jalur Heriot Row yang bersejarah, dan George Street yang dipadati kafe, bar, dan restoran. Bus kemudian akan membawa turis ke arah pusat kota, di mana terdapat monumen The Mound berupa bukit buatan. Para penumpang juga bisa melihat Kastil Edinburgh yang bersejarah serta bangunan Royal Lyceum Theatre.

5. Dubai, Uni Emirat Arab
Bus wisata Dubai hadir untuk memenuhi hasrat para pelancong yang ingin membelanjakan uangnya di aneka toko merek-merek dunia yang tersebar di penjuru kota. Bus akan membawa penumpang berkeliling menyaksikan kemewahan kota simbol kekayaan negeri minyak itu. Bus akan melintasi Deira City Centre, sebuah mall yang berisi 350 toko para desainer busana kelas dunia. Lalu para turis akan diajak melihat gedung yang menjadi ikon kota petrodollar itu, World Trade Center yang berlokasi di pusat ekonomi Dubai.

6. Bangkok, Thailand
Meski tidak ada bus khusus bagi wisatawan, namun di ibu kota negeri Gajah Putih itu, wisatawan bisa menikmati kota Bangkok menggunakan bus bernomor 15. Bus kota untuk umum ini akan membawa pelancong berkeliling melalui jembatan Krung Thep, Kuil Emerald Buddha, dan Istana Kerajaan serta Museum Nasional Thailand.

7. Roma, Italia
Di sini rute bus wisata dirancang untuk mengajak wisatawan menikmati sejarah kota yang diesbut sebagai bekas pusat kekaisaran Romawi Kuno. Bus akan melaju menuju pusat kota, melewati Piazza Venezia sebelum tiba di lokasi reruntuhan tertua Roma yang berusia lebih dari 2000 tahun. Bus kemudian beranjak menuju Ponte Garibaldi, tempat wisatawan bisa menyaksikan keindahan Basilika Santo Peter di Vatikan.

8. Sydney, Australia
Di kota ini, wisatawan diajak menikmati keindahan kota Sydney yang bernuansa kehidupan urban warganya. Berangkat dari Market Street dan Stasiun Kereta Wynyard, bus wisata akan melewati Sydney Opera House yang terkenal. Bus juga akan melintas di jembatan Harbour Bridge yang menjadi ikon Sydney sekaligus Australia. Bus juga akan membawa turis ke pusat kota di mana wisatawan bisa berbaur dengan warga lokal dan menikmati makanan yang disajikan di kafe-kafe.

9. Paris, Perancis
Menikmati kota mode yang romantis dari atas bus bisa menjadi pilihan pelancong berbujet rendah. Bus khusus turis akan membawa wisatawan berkeliling ke berbagai tempat terkenal di Paris, seperti Chams-Elysees, Grand Palais, sungai Seine, Musee D'Orsay, dan tentu saja Menara Eiffel.

10. Barcelona, Spanyol
Barcelona tidak saja identik dengan klub sepak bolanya. Kota ini juga memiliki kekayaan berupa sejarah dan karya seni yang tersebar di segala penjuru kota. Bus wisata di sini akan mengajak anda berkeliling kota mulai dari pusat kota Plaza de Catalunya, menuju Plaza Iniversitat, salah satu universitas top di Spanyol. 

Di sepanjang perjalanan anda bisa melihat karya seniman mahsyur Spanyol, Gaudi seperti La Rambla dan Sagrada Familia. Bus juga akan membawa anda menuju Gran Via, sebuah jalan tempat pasar rakyat dan bangunan kuno Barcelona berada.

Post a Comment

 
Top